Manado (ANTARA) - Pendapatan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Beriman Kota Tomohon sejak tahun 2022 dan 2023 mengalami peningkatan atau naik beberapa kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Pembayaran melalui sistem digital sangat membantu pendapatan PD Pasar Beriman, “ kata Direktur Utama PD Pasar Tomohon Yanes Possumah STh, didampingi oleh Kepala Badan Pengawas PD Pasar Beriman, Noldi Senduk dan Direktur Operasional PD Pasar Beriman Anye Guillermo, belum lama ini, saat Konferensi Pers yang difasilitasi Bagian Prokopim Setdakot Tomohon.

Masuknya Mitra Kasih Perkasa (MKP) dan sistem digital yang dijalankan PD Pasar Beriman membuat pendapatan per bulan menjadi Rp340 juta per bulan. Dan capaiannya mengalami kenaikan pada tahun 2022 dan 2023. 

“Pendapatan pada tahun 2024 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2022 dan 2023 capaian  pendapatan retribusi mengalami kenaikan yang luar biasa,” kata Yanes.

Penurunan pendapatan pada tahun 2024 disebabkan kenaikan harga yang mempengaruhi keadaan pasar dan para pedagang. 

“Jadi, ada banyak pedagang tidak membayar dan tidak berjualan,” ujar Dirut.

Untuk penarikan retribusi kepada para pedagang, PD Pasar mengikuti isi perda yang telah ditetapkan Pemkot Tomohon.

Yanes Possumah mengharapkan, bantuan revitalisasi Pasar Beriman menjadi dua lantai bisa direalisasi Kementerian Perindag di tahun 2025.

 

Pewarta : Karlie Hannie
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024