Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 29 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, beberapa kabupaten dan kota berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Karena itu Ben berharap warga berhati-hati terhadap potensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor, pohon tumbang di daerah rawan seperti bantaran sungai atau warga yang bermukim di daerah bukit atau terjal.

"Berhati-hatilah apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem. BMKG akan memutakhirkan data daerah-daerah berpotensi cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang tersedia" ujarnya.

Ben mengatakan, cuaca ekstrem tanggal 27 Maret diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Di hari berikutnya, berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sedangkan di tanggal 29 Maret diprediksikan terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kota Kotamobagu.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024