Manado, 13/3 (AntaraSulut) - Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Dr Joubert Maramis mengatakan rencana BEI melakukan penawaran penawaran umum perdana(IPO) industri energi baru di Indonesia akan berdampak positif.

"Indonesia termasuk Sulut saat ini mengalami masalah kelistrikan, dengan IPO industri sektor industri sektor akan memperkuat pembiayaan yang pada gilirannya merangsang tumbuhnya investasi di sektor itu," kata Joubert, di Manado, Jumat.

Tujuan utama penerbitan obligasi swasta adalah menambah modal, karena itu, merupakan langkah tepat jika mencari pendanaan melalui saham.

Infrastruktur untuk energi baru sudah sangat mendesak dibangun Indonesia karena memang saat ini kita mengalami krisis energi disebabkan maalah pembiayaan kurang.

Selama ini, sektor swasta masih sulit masuk ke sektor kelistrikan secara penuh, salah satunya terkendala permodalan dan aturan kelistrikan lainnya.

Meski begitu, katanya kebijakan BEI tersebut harus didukung kementrian yang terkait, karena tidak logis jika perusahaan mudah dapat dana namun ketika berinvestasi mengalami kesulitan.

"Bagaimanapun, IPO merupakan terobosan finansial yang baik dikeluarkan oleh BEI atau Bappepam .***1***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 13-03-2015 22:06:08

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024