Manado (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan patroli sebagai upaya pencegahan pelanggaran dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Di masa tenang ini, Bawaslu Minahasa  sesuai dengan instruksi ke panwaslucam melakukan patroli di wilayah masing-masing," kata Kordiv Hukum Pencegahan Parmas Humas Bawaslu Minahasa  Arthur Karinda, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memastikan tidak ada potensi dugaan pelanggaran yang bisa terjadi, seperti money politik, atau adanya peserta pemilu yang melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.

Arthur mengatakan patroli pengawasan politik uang tak hanya dilakukan oleh Panwaslu kecamatan dan PKD, melainkan juga petugas Pengawas TPS.

Ia menjelaskan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sudah disampaikan bahwa mereka akan membantu Bawaslu untuk melakukan pengawasan di TPS, termasuk pelanggaran adanya politik uang.

Bila ditemukan pelanggaran politik uang, katanya, maka PTPS bisa melaporkannya ke jenjang yang berada di atasnya.

"Kami harap Pemilu 2024 akan berjalan dengan aman dan damai, mari sama-sama kita menjaga agar pesta demokrasi ini berjalan dengan baik," jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024