Manado (ANTARA) - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Utara, Ir Rita Maya Tamuntuan mengatakan perempuan memiliki peran penting dalam mencegah kanker di era modern saat ini.

"Kaum perempuan tidak hanya merawat dan mendukung keluarga, sebagai pelindung kesehatan keluarga tapi juga dalam hal pengetahuan dan kesadaran tentang kanker itu menjadi sangat penting," kata Rita, istri Gubernur Olly Dondokambey tersebut, pada peringatan Hari Kanker Sedunia Sulut di Manado, Selasa.

Kaum perempuan juga mempunyai kekuatan mempengaruhi orang di sekitar dengan memberi contoh gaya hidup sehat setiap hari.

"Di era modern serba cepat saat ini kita sering terjebak kegiatan tidak sehat seperti pola makan buruk, kurang aktivitas fisik setiap hari dan paparan terhadap faktor risiko kanker seperti merokok dan terpapar bahan kimia berbahaya," ujarnya.

Meski begitu, kata dia, setiap manusia mempunyai kekuatan mengubah kebiasaan tersebut dengan mengadopsi pola makan sehat kaya buah-buahan, sayuran dan serat serta hindari paparan zat berbahaya sehingga dapat mengurangi risiko kanker diri sendiri, sahabat dan keluarga.

"Penting diingat bahwa kaum perempuan juga berperan penting mendukung, mendorong pemeriksaan kanker rutin, melakukan pemeriksaan tepat waktu seperti pap smear, mamografi dan tes kanker lainnya," ajaknya.

Hal ini penting untuk mendeteksi kanker secara dini, meningkatkan peluang kesembuhan, serta mengurangi tingkat kematian akibat kanker.

"Dalam pencegahan kanker kita dapat menggunakan aplikasi kesehatan dan perangkat pintar untuk memantau pola makan, aktivitas fisik dan mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan secara efisien," katanya menambahkan.

Bahkan dengan teknologi, kata dia, dapat lebih mudah memberikan informasi info tentang kanker dan melakukan tindakan pencegahan secara tepat.

Rita berharap momentum Hari Kanker Sedunia secara bersama menghargai dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kaum perempuan dalam pencegahan kanker di era modern ini.

"Mari sama-sama menjadi pelindung kesehatan keluarga kita, kita mengadopsi gaya hidup sehat dan melakukan langkah pencegahan tepat, serta bersama-sama kita berjuang melawan kanker dan menciptakan dunia lebih sehat," cakapnya.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024