Manado, (ANTARA Sulut) - Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan DPRDaerah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Djemmy J Sundah mengharapkan pejabat eselon yang baru dilantik membawa perubahan.

"Harus ada perubahan dengan pejabat sebelumnya, itu sebagai tanda dinamika kerja. Minimal harus ada terobosan-terobosan baru atau lompatan-lompatan strategis di setiap satuan kerja perangkat daerah atau SKPD," kata Sundah di Tomohon, Jumat.

Salah satu indikator mencapai sukses atau perubahan tersebut kata pria semampai ini, setiap pejabat yang dilantik harus memiliki program kerja, sehingga dari program kerja tersebut akan diukur seberapa maju langkah yang sudah dilakukan.

Dapat dibayangkan kata dia, apabila seorang pejabat tidak memiliki program kerja, dapat dipastikan pekerjaan yang dilakukan tidak terstruktur dan sukar diukur.

"Program kerja ini semacam perencanaan apa yang akan dilakukan dalam satu periode tertentu. Katakanlah program kerja selama 100 hari. Dari situ akan diukur atau dievaluasi berjalan sesuai dengan target atau tidak," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, fungsi pengawasan yang melekat di komisi I akan dimaksimalkan dengan memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Tomohon tentang capaian kinerja setiap pejabat eselon.

Sebab menurut dia, apabila pejabat tidak mampu menunjukkan kinerja positif dibanding pejabat sebelumnya, atau pelayanan bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menurun, langkah tepat yang harus dilakukan merotasi pejabat tersebut.

"Saya kira program 100 hari kerja dapat dijadikan acuan menilai kinerja seorang pejabat. Kalau memang tidak berkembang sesuai harapan, dapat dipertanyakan komitmennya saat dilantik. Lebih baik direposisi saja bila ditemukan pejabat seperti itu," ujarnya.

Pada Selasa (3/3), Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melakukan rotasi pejabat eselon setingkat asisten dan kepala dinas, kepala badan, kepala bidang, camat hingga lurah.

Wali Kota berharap, pejabat yang baru dilantik menunjukkan kinerja baik dalam peningkatan pelayanan publik menuju Kota Tomohon yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera.***2***





(T.K011/B/G004/G004) 06-03-2015 14:53:23

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024