Manado, 4/3 (AntaraSulut) - Harga kebutuhan pokok beras di sentra perdagangan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih bertahan di level Rp11.500 per kilogram (kg) hingga posisi (4/3) hari ini.

"Harga beras medium di Manado masih tertahan dikisaran Rp11.500 per kg dan tidak lagi mengalami kenaikan akibat adanya operasi pasar (OP) dan penyaluran raskin yang mulai jalan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Hanny Wajong, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan dengan adanya penyaluran raskin dan OP beras, diharapkan harga beras akan kembali stabil.

Hanny mengatakan saat ini sudah mulai masuk beras ke tangan pedagang dari Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, dan diharapkan harga akan berangsur-angsur turun.

Di Kota Manado biasanya harga beras normal sebesar Rp9.000 per kg dan saat ini telah mencapai Rp11.500 per kg.

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Dr Joubert Maramis mengatakan pemerintah seharusnya bisa memprediksikan naiknya harga beras saat ini. Sehingga kondisi seperti ini sebelumnya sehingga persiapan lebih matang.

"Pemerintah melalui Bulog seharusnya dapat memprediksikannya. Sebab saat ini kekhususnya di Jawa sentra produkis terganggu karena musim hujan. Mungkin bulan depan atau akhir bulan ini baru stabil," ujarnya.

Dia mengatakan, kondisi ini kan selalu berulang setiap tahunnya. Seharusnya pemerintah lebih siap.

"Saya menduga sistem pemantuan harga dan stok di pasar kurang efektif, sehingga Bulog atau pemerintah sering kalah langkah," katanya.***3***Budi Suyanto



(T.KR-NCY/B/B008/B008) 04-03-2015 13:26:57

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024