Berlin, 4/3 (Antara/Xinhua) - Pemerintah federal Jerman mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya akan mengeluarkan tambahan lima miliar euro (sekitar 5,59 miliar dolar AS) dalam tiga tahun ke depan untuk membantu masyarakat lokal memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan investasi.

Pengeluaran tambahan itu di atas rencana investasi 10 miliar euro yang diumumkan oleh Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble tahun lalu, tidak akan mempengaruhi prinsip fiskal ketat Jerman, menurut Kementerian Keuangan.

"Tujuan anggaran federal berimbang tanpa utang baru yang ditetapkan dalam perjanjian koalisi tidak akan dilanggar," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

         Dijelaskan pula rincian rencana investasi Schaeuble 10 miliar euro. Dari 2016 hingga 2018, tujuh miliar euro akan diinvestasikan dalam infrastruktur transportasi publik, efisiensi energi, infrastruktur digital, perlindungan iklim dan pembangunan perkotaan. Sisanya tiga miliar euro akan digunakan untuk "masalah-masalah yang berorientasi masa depan."
    Pemerintah federal Jerman mencapai keseimbangan anggaran dan tidak menambah utang baru pada 2014, setahun lebih awal dari yang direncanakan, berkat penerimaan pajak yang tinggi dan pembayaran yang lebih rendah dari perkiraan.

         Pemerintah ingin memberi contoh prinsip keuangan yang ketat di zona euro, tetapi menerima kritik dari tetangga-tetangganya dan Amerika Serikat yang menuduh ekonomi terbesar Eropa itu tidak mengeluarkan cukup dana untuk meningkatkan investasi di Jerman dan impor dari negara-negara zona euro lainnya.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024