Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe mengatakan menyukseskan Gerakan Hidup Masyarakat Sehat (Germas) akan mampu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di tahun 2024 ini.

"Kegiatan olahraga hendaknya dijadikan gaya atau pola hidup karena kesehatan adalah hal yang sangat penting dan berharga, serta berdampak pada kualitas kerja ASN di lingkungan Kemenag Sulut," kata Sarbin, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara termasuk para pejabat administrator, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memulai aktifitas pada setiap hari Jumat dengan melaksanakan olahraga.

Dengan menggunakan kaos Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 dan penuh semangat, mereka mulai dari melakukan senam jantung sehat hingga beberapa jenis aerobik diikuti seluruh ASN dengan antusias.

Dia mengatakan diantara aktifitas kerja selama seminggu Kakanwil meminta agar yang namanya olahraga rutin di Jumat pagi wajib diikuti. Kegiatan monitoring atau kunjungan kerja dan perjalanan dinas di berlakukan hanya sampai dengan hari Kamis.

"Kesehatan itu tidak bisa dibagi, untuk itu membiasakan pola hidup teratur dan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, mengecek kesehatan/medical chek up (MCU) teratur akan membantu menjaga keseimbangan tubuh," ujar mantan Kakanwil Malut ini.

Mengelola dan disiplin membagi waktu untuk aktifitas yang memberi manfaat tidak akan pernah sia-sia, katanya, dampaknya adalah untuk diri dan masa depan.

Dengan hidup sehat, katanya, semua aktifitas dapat dilaksanakan dengan baik, sebaliknya apabila badan sakit, apapun pekerjaan yang ingin kita lakukan tak kan berjalan baik.

Tidak lupa pula Kakanwil mengingatkan untuk terus berkinerja baik, menghadirkan suasana dan pikiran positif dalam kesehariannya.

"Membuang pikiran negatif yang tidak ada manfaatnya bagi kemajuan kinerja. Hidup sehat rohani dan jasmani adalah hal berharga yang harus dijaga keberlangsungannya," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024