Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan sosialisasi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2024 kepada Calon Jemaah Haji (CJH), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Jadwal pelunasan tahap satu dimulai tanggal 09 Januari sampai dengan 12 Februari 2024," kata Kepala Seksi PHU Kemenag Bolsel H Achmad Ma'sum Maspeke, di Molibagu, Jumat.

Dia mengatakan adapun besaran Bipih untuk Calon Jemaah Haji 2024 Kabupaten Bolsel yang termasuk Embarkasi Balikpapan yaitu sebesar Rp56.510.444,00.

Dia menjelaskan bahwa terkait dengan pelunasan Bipih dibayarkan jemaah setelah dikurangi setoran awal dan besaran saldo nilai manfaat virtual account masing-masing jemaah.

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) juga siap memberikan dukungan nilai manfaat dari BPKH yang diperlukan sebesar Rp8,2 triliun untuk penyelenggaraan haji tahun 2024. Proporsi yang telah disepakati sebesar 60 persen ditanggung oleh jemaah haji dan 40 persen ditanggung dari Nilai Manfaat BPKH.

"Pelunasan ini bisa dilaksanakan CJH jika memenuhi syarat Istitha’ah Kesehatan," ujar Ma'sum.

Tim Dinas Kesehatan Bolsel Yudistura Van Gobel mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan jadwal pemeriksaan kesehatan.

"Tes kesehatan akan dilaksanakan tim kesehatan Istitha’ah dari Dinas Kesehatan Bolmong Selatan bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Bolaang Uki dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmong Selatan dan akan mengeluarkan jadwal cek kesehatannya segera," kata Yudistira.

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada tahun 2024 atau 1445 Hijriah memberangkatkan sebanyak 732 calon jamaah haji (CJH) ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Jumlah jamaah haji asal Indonesia yang akan diberangkatkan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah atau 2024 Masehi mencapai 241.000 orang. Hal itu sesuai dengan kesepakatan perhajian antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Secara nasional, jumlah jamaah haji yang diberangkatkan meliputi 221.000 orang untuk kuota normal dan 20.000 orang yang merupakan kuota tambahan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024