Manado, (ANTARA Sulut) - Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Djouhari Kansil mengharapkan kejuaraan daerah grasstrack Tatelu Racing Adventure Xtream (Trax) statusnya ditingkatkan menjadi ajang kejuaraan nasional tapi diselenggarakan di daerah ini.

"Saya menilai kegiatan ini sangat berhasil karena peserta yang mengambil bagian tidak hanya dari Sulut tapi dari Provinsi Gorontalo. Ini momentum bagus untuk ke depan bisa ditingkatkan jadi kejurnas," kata Wagub saat menutup Kejurda Grasstrack Trax 2015 di sirkuit Trax Tatelu, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin.

Wagub mengharapkan, dari kejurda ini bisa memunculkan bibit-bibit baru yang nantinya bisa berbicara di kancah nasional yang membawa nama daerah ini.

"Kegiatan ini sangat positif sebagai ajang pencarian bakat bagi para penggemar olah raga menantang ini. Mari kita petik manfaat positif dari pelaksanaan ivent ini terutama dalam mengembangkan sportifitas serta memupuk silahturahmi dan meningkatkan nilai-nilai kedisiplinan," ajaknya.

Dia pun mengingatkan peserta tidak pernah berhenti berpacu diri mengukir prestasi dengan menyalurkan bakat dan kreasi dalam koridor dan jalur yang benar.

"Terlebih mereka yang suka ikut balapan liar di jalan. Sekarang sudah ada wadah yang bisa menampung bakat itu dengan mengikuti kejuaraan. Makanya saya berharap iven seperti ini diperbanyak untuk bisa mengakomodir bakat-bakat yang dimiliki generasi muda Sulut," harapnya.

Sementara itu Ketua Umum Panitia Pelaksana Novie Mantiri mengatakan, kejurda yang memertandingan 12 kelas ini diikuti 130 pebalap Sulut dan Gorontalo.

Untuk kelas bebek standar pemula dimenangkan Andre Runtukahu, kelas bebek modifikasi junior Vernando Tulandi, kelas bebek empat tak 125 cc tune up senior Reval Sumolang, kelas campuran sport & trail senior Briefel Wales, kelas bebek modifikasi dua tak Open Mario Salontahe, serta kelas free for all (open) Briefel Wales tampil sebagai juara.

Selanjutnya kelas kelompok umur 12 Tahun tampil sebagai juara Figo Pangemanan, kelas kelompok umur 14 tahun Josep Poli, kelas bebek standar open Briefel Wales, kelas campuran sport & trail junior Vernando Tulandi, kelas adventure non pebalap Jacky.

Keluar sebagai juara umum Mario Salontahe total poin 129 dari tim Gorontalo, hanya selisih tipis 122 poin dengan pebalap Briefel Wales dari Tim Ramonjo Tatelu, disusul Refal Sumolang dari tim Bagejo Airmadidi dengan 81 poin.

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024