Jakarta, 2/3 (Antara) - Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akan menyertakan saham di perusahaan asal Jepang, JC Comsa Corporation (JC Comsa), sebanyak 900.000 lembar dengan harga 316 yen per saham.

"Penyertaan itu sehubungan dengan penerbitan saham baru JC Comsa sebanyak 627.400 lembar dan 'treasury stocks' sebanyak 272.600 lembar," kata Corporate Secretary Gideon A. Putro dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan bahwa nilai keseluruhan yang dibayarkan oleh perseroan untuk penyertaan saham adalah sebesar 284.400.000 yen Jepang dan akan didanai dari dana internal perseroan.

         "Harga penyertaan adalah rata-rata penutupan saham JC Comsa di Tokto Stock Exchange JASDAQ Standard selama satu bulan terakhir sampai dengan satu hari kerja sebelum tanggal pernyataan pendaftaran," paparnya.

         Rencana penyertaan itu, kata Putro, telah didaftarkan oleh JC Comsa pada otoritas yang berwenang di Jepang pada tanggal 2 Maret 2015.

         Penyelesaian rencana penyertaan itu, lanjut dia, tergantung pada berlaku efektifnya pernyataan pendaftaran yang diperkirakan terlaksana pada tanggal 18 Maret 2015.

         Setelah penyelesaian rencana penyertaan, perseroan akan memiliki penyertaan saham di JC Comsa sekitar 9,88 persen dari seluruh saham yang nantinya akan diterbitkan oleh JC Comsa.

         "Rencana penyertaan itu diharapkan dapat memperkuat kerja sama strategis yang telah dibangun sebelumnya dengan JC Comsa melalui 'oint venture', mengambil peluang dan keahlian yang dimiliki dalam memproses berbabagi produk berbasis tepung terigu yang bernilai tambah, dan dapat meningkatkan potensi usaha perseroan, baik di Indonesia maupun di luar negeri, khususnya di kawasan ASEAN," paparnya.

         JC Comsa merupakan perusahaan dengan kegiatan usaha utama memprodksi dan mengolah berbagai jenis produk makanan, layanan makanan, dan pengelolaan "restaurant chain".

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024