Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) guna meningkatkan kecintaan generasi muda pada Al Quran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Rapat Kerja LPTQ Provinsi Sulawesi Utara telah memutuskan bahwa Kota Kotamobagu sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulut Sarbin Sehe melalui Kepala Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan Kotamobagu sebagai tuan rumah, merupakan salah satu poin hasil dari beberapa poin putusan pada raker.

Ia menjelaskan MTQ adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan sampai ke tingkat nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. 

MTQ juga, katanya, merupakan proses internalisasi nilai-nilai Al Quran dan memupuk kecintaan generasi muda terhadap Al Quran.

Hal ini, katanya, merupakan momentum yang luar biasa oleh karena itu, sebagai tuan rumah nanti, Kotamobagu akan mempersiapkan teknis pelaksanaan dengan sebaik mungkin sehingga hajat besar ini akan terlaksana dengan baik mengingat kita akan kedatangan peserta dan official MTQ se Sulut.

“Kemenag Kotamobagu bersama LPTQ dan Pemerintah Kota Kotamobagu akan terus berkoordinasi dalam rangka persiapan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, begitu juga dengan dinas terkait dan masyarakat, semuanya harus dikoordinasikan dengan sebaik mungkin,” ungkap Lamato.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini tentunya butuh persiapan lebih, tak hanya menyiapkan teknis pelaksanaan dan pelayanan para tamu dan peserta. 

Kotamobagu juga akan mempersiapkan dan membekali kafilahnya dengan maksimal untuk maju ke iven ini bahkan sampai ke tingkat nasional nanti.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024