Manado (ANTARA) -
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) Republik Indonesia atau Senator Stefanus BAN Liow berharap para pemangku kepentingan memperluas cakupan vaksinasi setelah mulai meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia.
 
"Perlu diperluas (cakupan) warga yang mendapatkan vaksinasi," kata Stefanus, Senator dari Sulawesi Utara, di Manado, Sabtu.
 
Bahkan kata dia, paling penting adalah menyiapkan vaksin agar proses vaksinasi bisa dilakukan berkelanjutan, termasuk obat-obatan.
 
"Cakupan vaksinasi tahap ketiga dan keempat harus diperkuat lagi sehingga cakupannya semakin meluas," ujarnya.
 
Langkah berikutnya yang harus juga disosialisasikan adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat, seperti yang sudah pernah dilakukan sebelumnya pada saat terjadi lonjakan kasus COVID-19.
 
"Hal ini menjadi tanggung jawab bersama, apakah pemerintah, para pemangku kepentingan termasuk masyarakat, harus bahu-membahu melakukan pencegahan agar penyebaran COVID-19 tidak meluas," ajaknya.
 
Dia berharap, fenomena kasus COVID-19 di Indonesia yang semakin menurun pada beberapa waktu lalu, tidak menjadikan semua elemen masyarakat menjadi lengah.
 
"Menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak harus dilakukan secara terus menerus, termasuk memperluas cakupan warga yang belum terjangkau vaksinasi. Sosialisasi harus terus dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman masyarakat," ujarnya.
 
 
 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024