Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe mengapresiasi umat Muslim yang ikut menjaga dan mengamankan perayaan Natal 2023 di daerah tersebut.

"Umat Muslim Masjid Istiqamah Kabupaten Minahasa Utara ikut mengamankan perayaan Natal," kata Sarbin di Airmadidi, Selasa.

Spirit yang ditunjukkan oleh anak muda Sulawesi Utara, kata Kakanwil, adalah wujud nyata dari praktik Moderasi Beragama yang sesungguhnya.

Kedepannya, Sabrin berharap kehidupan beragama di Sulut semakin baik, salah satunya dengan ikhtiar membumikan Moderasi Beragama sedini mungkin kepada anak-anak generasi penerus bangsa, sebagai penyambung estafet kepemimpinan di masa depan.

Dari pengamatan di lokasi, remaja masjid yang berjumlah puluhan orang itu tampak berjaga di gerbang gereja dan di jalan-jalan mengatur situasi dan arus lalu lintas agar tetap aman dan kondusif.

"Pada saat kami monitor, kami menemukan petugas keamanan di Gereja semuanya Muslim. Ini menujukan praktik Moderasi Beragama semakin baik di Sulawesi Utara," kata Sarbin

Katena itu, Kakanwil memberikan apresiasi atas kerja sama antar-umat beragama yang telah membuktikan Moderasi Beragama semakin kuat untuk memelihara kerukunan dan toleransi di Sulut.

"Kami berharap ini menjadi model dan contoh bagi yang lain untuk terus menyuarakan dan mendedikasikan diri dalam toleransi, persatuan dan kerukunan," katanya.

Menurut keterangan dari Ketua Remaja Masjid Istiqamah Aidil Rahman, hal ini telah ia lakukan bersama anggota pengurus lain sejak malam sebelum puncak perayaan Natal berlangsung.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024