Manado (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Sulawesi Utara (Sulut) aman menjelang momentum konsumsi tinggi di Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Erwin Dwiyanto, di Manado, Sabtu, mengatakan untuk memastikan ketersediaan BBM dan LPG aman, pihaknya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru di seluruh wilayah Sulawesi. Hal itu juga dilakukan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan stok energi, apalagi sampai panic buying.

"Belilah sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan," kata dia.

Erwin menjelaskan pihaknya telah melakukan serangkaian proyeksi, kalkulasi, dan prediksi terhadap kenaikan konsumsi pada momen Natal dan Tahun Baru, khususnya di sektor transportasi.

Ia mencatat terjadi kenaikan BBM Gasoline sebesar empat persen, namun untuk Gasoil mengalami penurunan sebesar 3,7 persen. Untuk konsumsi LPG 3 kg mengalami peningkatan sebesar empat persen dan LPG Non Subsidi sebesar dua persen serta kenaikan konsumsi Avtur sebesar 2,9 persen dibandingkan kondisi konsumsi normal pada Oktober tahun ini.

Sehingga, atas dasar tersebut, Pertamina melakukan build up stock sebesar 10 persen untuk BBM, penambahan sampai dengan 3-4 persen LPG dan 10 persen untuk Avtur.



Pada masa Natal dan Tahun Baru, Pertamina melakukan kinerja ekstra dengan membentuk Satgas Natal dan Tahun Baru mulai tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 yang akan mengawasi dan menjamin distribusi seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG, serta mengantisipasi keadaan khusus lainnya yang dapat mengganggu kelancaran distribusi.

Tidak hanya itu, dalam mendukung kelancaran perjalanan, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menambah layanan berupa Pertamina Delivery Service, kesiapan 186 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Siaga selama 24 jam serta 352 Agen & Outlet LPG Siaga untuk menjangkau wilayah dengan permintaan yang tinggi.

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menyediakan 7 SPBU Kantong (Mobile Storage) di seluruh Sulawesi yang akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan kota yang menjadi konsentrasi perayaan Natal di Toraja dan Sulawesi Utara, serta enam titik Jalur Wisata Utama di Sulawesi antara lain di Manado dan sekitarnya, Toraja, Malino dan Tanjung Bira.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina pastikan stok BBM dan LPG aman jelang Natal di Sulut

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024