Sitaro (ANTARA) - Pos Gunung Api (PGA) Karangetang Siau memberikan peringatan serius kepada para pendaki yang berencana melakukan kegiatan di Gunung Api Karangetang.

Menurut Ketua PGA, Yudia Tatipang, ada batas-batas tertentu yang tidak boleh dilewati atau dilanggar selama pendakian.

"Belajar dari pengalaman tragis erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat, di mana beberapa pendaki menjadi korban," jelas dia, Sabtu.

Dia menekankan pentingnya melaporkan rencana pendakian dan berdiskusi dengan pihak PGA sebelum memulai perjalanan.

"Pendaki diingatkan untuk tidak melewati area terlarang dan untuk selalu mematuhi petunjuk yang telah ditetapkan," kata dia.

Dia menegaskan, konsultasi dengan pihak PGA menjadi langkah yang sangat dianjurkan guna memastikan keselamatan dan keamanan selama pendakian.

"Ini sangat perlu demi keselamatan diri terutama pendaki bahkan masyarakat," tegas dia.

Dia sangat mengharapkan kesadaran dan kerja sama penuh dari para pendaki agar peringatan ini diambil dengan serius. Langkah-langkah ini diambil untuk mencegah potensi risiko dan memastikan keselamatan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pendakian.

"Dalam situasi ini, kewaspadaan dan kepatuhan terhadap peraturan sangat ditekankan sebagai langkah preventif yang krusial. Semua pihak diharapkan dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan pendakian yang aman dan terkendali," kuncinya.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024