Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) pada tahun 2023 ini akan berada pada kisaran 5,10 persen hingga 6,10 persen.

"Perekonomian Sulawesi Utara pada tahun 2023 diprakirakan akan tumbuh pada kisaran 5,10–6,10 persen (yoy) dan tumbuh lebih baik lagi seiring dengan trajektori perbaikan pertumbuhan di kisaran 5,20-6,20 persen (yoy) pada tahun 2024," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Fernando R Butarbutar, di Manado, Kamis.

Dia menjelaskan perekonomian dunia masih mengalami tekanan pertumbuhan dan tingginya ketidakpastian terutama diakibatkan oleh perkembangan geopolitik saat ini. 

Namun, katanya, Bank Indonesia tetap optimis bahwa perekonomian Indonesia akan tetap kuat dan akan tumbuh positif dengan kisaran 4,7-5,5 persen pada 2024, dengan inflasi yang terkendali pada rentang 2,5±1 persen pada 2024 dan 2025. 

Prakiraan tersebut didukung dengan konsistensi dan sinergi kebijakan moneter termasuk stabilisasi harga melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan kebijakan fiskal. 

Fernando menjelaskan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara tersebut, BI Sulut merekomendasikan beberapa langkah penguatan melalui melanjutkan, sinergi mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi melalui penguatan data dan informasi terkait dengan profil UMKM dan Kelompok Tani potensial dibiayai.

Kemudian, sinergi dalam promosi investasi, perdagangan, dan pariwisata, mengingat peran investasi dan ekspor dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut cukup tinggi (pangsa PMTB dan Ekspor mencapai 60,08 persen.

Sinergi dalam implementasi sistem pembayaran digital, termasuk elektronifikasi transaksi Pemda.
Pada pertemuan yang dihadiri oleh SKPD Provinsi Sulawesi Utara, instansi vertikal, perbankan, pelaku usaha, akademisi dan media tersebut.

Bank Indonesia Sulawesi Utara memberikan penghargaan/apresiasi pada 16 mitra strategis yang telah mendukung pelaksanaan tugas-tugas Bank Indonesia di Sulawesi Utara selama tahun 2023.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024