Manado (ANTARA) - Beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga 19 November 2022.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Sulut," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Jumat.

Karena itu ia berharap warga mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Ia mengatakan BMKG akan melakukan pemutakhiran data kondisi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal informasi yang telah terverifikasi sehingga bisa diakses masyarakat yang para pemangku kebijakan.

Potensi cuaca ekstrem pada 17 November 2023 diperkirakan melanda wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di hari berikutnya, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sementara pada 19 November 2023 kondisi cuaca serupa berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Utara dan Kabupaten Bolaang Selatan.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024