Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen telah melakukan pembangunan 440 unit rumah melalui Program ASN Housing di Manado, Sulawesi Utara.

Adapun tiga lokasi pembangunan itu, yakni di Kecamatan Mapanget, Desa Laikit, dan Desa Sea.

PT Taspen bekerja sama dengan Pemerintah Sulawesi Utara, perumahan dibangun di atas lahan seluas 100 hektare.

Hal sama juga dilakukan Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah,  menghadirkan Program ASN Housing untuk memudahkan aparatur sipil negara (ASN) memiliki hunian.

Program tersebut dilakukan melalui PT Taspen Properti Indonesia (Taspro).

“Sebagai BUMN yang bergerak di bidang jaminan sosial, Taspen berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan para ASN aktif, terutama yang masih mengalami kesulitan untuk membeli hunian,” kata Direktur Utama PT Taspen A.N.S Kosasih dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Program ASN Housing menawarkan beragam kemudahan, di antaranya DP 0 persen, bebas biaya akad dan notaris, serta harga jual yang lebih murah 5 persen bila dibandingkan harga pembelian langsung melalui pengembang lain.

Selain itu, harga yang ditawarkan sudah mencakup Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11 persen dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) 5 persen, sertifikat rumah tidak dijaminkan di bank, dan besaran bunga tetap (flat interest).

 

 

 

Pewarta : Imamatul Silfia
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024