Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib mengatakan kejuaraan Bolsel Paragliding International Acuraccy 2023 merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan terbaik sebagai bentuk pencapaian atas hasil usaha selama ini.

"Selain mengukur kemampuan para atlet, kejuaraan internasional paralayang ini juga sebagai sarana untuk memasyarakatkan olahraga dirgantara dalam rangka menumbuhkan minat kedirgantaraan yang nantinya akan menciptakan generasi muda para atlet yang mampu mengukir prestasi membanggakan, khususnya dari Provinsi Sulawesi Utara," kata Muhammad Mujib saat membuka kejuaraan Bolsel Paragliding International Acuraccy 2023, di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jumat.

Ia berharap selama penyelenggaraan kejuaraan internasional paralayang ini, peserta dapat menunjukkan kemampuan secara maksimal, junjung sportivitas, dan yang terpenting utamakan keselamatan.

"Penting saya sampaikan 'safety first', karena meskipun paralayang adalah olahraga rekreatif, tetapi mengandung resiko yang sangat tinggi. Untuk itu, lakukan 'check and recheck' sebelum pelaksanaan," kata Danlanud yang juga Ketua Federasi Aerosport Indonesia (FASI) Provinsi Sulawesi Utara.

Danlanud menambahkan karena kesalahan kecil apa pun yang dilakukan para atlet dapat berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Ingat, bahwa keselamatan lebih penting dari segalanya dan itu adalah acuan utama bagi panitia penyelenggara, dan para atlet selama pertandingan ini berlangsung," katanya.

Pada kesempatan itu Danlanud menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, yang telah menginisiasi penyelenggaraan kejuaraan internasional paralayang dengan diikuti kurang lebih sebanyak 90 peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib. ANTARA/HO- Dispen Lanud Sam Ratulangi (1)

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru mengatakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Bolsel selama dua tahun berturut-turut ini menggelar ajang bergengsi paralayang.

Ajang unjuk kebolehan bagi para pecinta sport tourism yang begitu menguji adrenalin.

"Kalau pada tahun lalu dilaksanakan Trip Of Indonesia (TROI) seri keempat berskala nasional, pada tahun ini kita mengupgrade ke tingkat internasional menjadi Paragliding International Accuracy CAT-2 2023," katanya.

"Karena memang "flying site" kami ini telah memenuhi standar untuk menghelat kegiatan-kegiatan dimaksud," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga merupakan ajang promosi pariwisata daerah, sesuai dengan tema yang kita usung kali ini "One stop adventures", spot terbang Bukit Berkah Momalia menambah daftar referensi wisata yang ada di Bolsel.

"Setelah selesai mengeksplor keindahan wisata laut, darat, tak berhenti di situ, kami mencoba peruntungan baru dengan melihat dari 'angle' yang berbeda dari udara," katanya.

"semoga ke depannya semakin banyak yang mengenal daerah kami yang tercinta ini. kepingan surga di gerbang Teluk Tomini," katanya.

Kejuaraan itu Bolsel Paragliding International Accuracy 2023 mempertandingkan sejumlah kategori masing-masing overall, women, team, TNI/Polri, men Junior dan women Junior. Peserta Bolsel Paragliding International Accuracy tahun 2023. ANTARA/HO-Dispen Lanud Sam Ratulangi. (1) (1)

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024