Manado (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Manado Irene Angouw Pinontoan mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas PAUD lewat transisi ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan.

"Upaya yang dilakukan Bunda PAUD Manado dan Sulut hingga mendapatkan penghargaan," kata Irene, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan penghargaan kepada Bunda PAUD provinsi dan kabupaten/kota yang telah menjalankan peran dan tugasnya secara optimal dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, menuju PAUD berkualitas.

Hal ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta dan partisipasi Bunda PAUD provinsi dan kabupaten/kota dalam mendorong terwujudnya tiga perubahan praktik pembelajaran, yakni pertama, menghilangkan tes calistung pada PPDB di SD.

Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD.

Serta ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak PAUD dan SD dalam implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerahnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado yang juga sebagai Bunda PAUD Kota Manado Irene Angouw-Pinontoan menghadiri acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023, yang dilaksanakan di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta.

Dibuka langsung oleh Ibu Negara Indonesia Ibu Iriana Joko Widodo, acara ini dihadiri oleh 250 Bunda PAUD se-Indonesia. 

Bunda PAUD Kota Manado tampil elegan dengan busana Batik Manado bersama Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Utara Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.

Dalam acara tersebut, Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Utara meraih penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 Kategori Wiyata Dharma Pratama, dan Bunda PAUD Kota Manado berhasil meraih penghargaan atas dukungan dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan menuju PAUD berkualitas.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024