Manado (ANTARA) - Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara dan Gorontalo bersama dengan Polda Sulut menggelar sembako murah, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan inflasi di akhir tahun 2023 ini.

"Kita tahu saat ini harga kebutuhan pokok baik beras, gula pasir dan minyak goreng mulai mahal, sehingga Polda bekerjasama Bulog melakukan kegiatan Sembako Murah," kata Pimpinan Wilayah Perum Bulog Drive SulutGo Abdul Muis Ali melalui Manajer Operasional dan Pelayanan Publik Muchamad Yatsir, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan Bulog menyiapkan 10 ton beras, gula pasir sebanyak 1.000 kilogram dan minyak goreng sebanyak 2.000 liter.

Ia mengatakan Sembako murah ini diperuntukkan semua pegawai di Polda Sulut, sehingga mereka bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

Otomatis, katanya, sebagian warga tidak lagi ke pasar untuk membeli bahan pokok, sehingga harga kebutuhan pokok bisa ditekan dan tidak terus naik.

Harus diakui, harga beras di sentra perdagangan Kota Manado mengalami kenaikan hingga Rp15.000 per kilogram, begitu pula dengan harga gula pasir hingga Rp17.000 per kg dan minyak goreng dijual dengan harga Rp18.000 per kilogram.

Pihak Bulog, katanya, akan terus melakukan kegiatan serupa bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Asim Saputra mengatakan angka inflasi Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada September 2023 terendah di Indonesia yakni sebesar 1,16 persen.

"Dari 90 kota pantauan IHK nasional, inflasi year on year (yoy) terendah terjadi di Kota Gorontalo dan Kota Manado sebesar 1,16 persen," kata Asim.

Dia mengatakan inflasi year on year (yoy) tertinggi terjadi di Kota Manokwari sebesar 5,26 persen.

Kondisi bulan September 2023, Kota Manado mengalami inflasi sebesar 0,14 persen, inflasi tahun kalender sebesar 0,94 persen dan inflasi year on year (yoy) sebesar 1,16 persen.

Kegiatan Sembako Murah dihadiri oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, para PJU Polda, Bhayangkari dan seluruh personel Polda Sulut.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024