Manado, 4/2 (AntaraSulut) - Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Ruddy Pusung mengatakan infrastruktur laut harus didahulukan untuk meningkatkan sektor maritim di Indonesia.

"Sektor maritim dipandang mampu meningkatkan perekonomian negara, namun untuk mencapai hal tersebut, harus terlebih dahulu membuat infrastrukturnya," kata Rudy, di Manado, Rabu.

Rudy mengatakan sektor maritim identik dengan sumber daya laut, otomatis infrastruktur harus dibuat sehingga tidak merugikan rakyat.

Dia mencontohkan kalau nelayan dilarang menjual di laut apa bisa dijamin pengumpul di darat memberikan harga lebih tinggi dibandingkan di laut.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka pemerintah harus bisa menggalakkan industri perikanan yang dibutuhkan dunia luar atau menciptakan produk-produk bermanfaat dari hasil laut.

"Intinya jika melarang sesuatu harus ada solusi penanganannya, dan yang harus dikejar pemerintah terutama infrastrukturnya," jelasnya.

Pemerintah dalam membuat kebijakan harus memperhatikan dampak ke nelayan dan wajib membuat kebijakan untuk menjaga agar nelayan tidak sulit, minimal pendapatan tetap.

Dia mengatakan pemerintah harus jeli melihat kebutuhan pasar dunia akan sumber daya laut kita yang punya nilai tambah untuk dijual, dan mensosialisasikan ke pengusaha agar bisa membuat tertarik investasi di sektor ini.

Dukungan dengan deregulasi yang meringankan pengusaha agar menjadi daya tarik dan kalau bisa fasilitasi nelayan karena pasar sudah terbentuk.

Serta buat penelitian-penelitian terstruktur akan manfaat lain dari sumber daya sektor ini.

Prioritas pembangunan pemerintah Jokowi-JK yakni memajukan industri kemaritiman.***1***




Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024