Manado, Sulut (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) menghadirkan Hub UMK guna meningkatkan pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di wilayahnya.

"Hal ini dilakukan sebagai salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan UMKM," kata General Manager PLN Unit Induk Suluttenggo JA Ari Dartomo di Manado, Sulut, Kamis.

Dia mengatakan PLN berkomitmen untuk memberikan perubahan yang berkelanjutan terhadap ekonomi masyarakat dengan pengembangan mitra binaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu langka nyata yang dilakukan oleh PLN yaitu melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang telah membangun fasilitas bangunan Hub UMK lengkap bersama dengan sarana pendukung yang ada di dalamnya.

Program ini pun sejalan dengan program pemerintah yaitu untuk mendorong penguatan UMK di Kota Manado dan menjadi pelopor terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Di sisi lain, tambahnya, juga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kreativitas dan inovasi untuk mempromosikan produk kearifan lokal.

Dartomo menerangkan bahwa PLN akan terus berperan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, salah satunya dengan menghadirkan Hub UMK PLN Suluttenggo sebagai tempat para pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya.

Pembangunan ekonomi berkelanjutan harus terus berjalan dan berakselerasi, PLN siap mendukung hal tersebut dengan langkah nyata melalui setiap program yang telah kami persiapkan.

Hal ini tentunya membutuhkan sinergi bersama para pelaku UMK yang ada di Kota Manado.

"Dalam hal pemberian bantuan fasilitas Hub UKM ini, kami memandang bahwa lokasi fisik yang berfungsi sebagai visual store sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk para pelaku usaha," lanjut Dartomo.

PLN dalam upaya memperkenalkan listrik sebagai gaya hidup modern memandang UMK sebagai corong yang efektif kepada masyarakat untuk mengampanyekan penggunaan peralatan listrik dalam dunia kuliner, karena sangat membantu dengan biaya yang murah, namun dapat meningkatkan produktivitas yang berlipat ganda.

Di sisi lain, menurut dia, PLN dengan begitu banyaknya mitra binaannya turut memberikan wadah penjualan produk melalui PADI UMKM dan marketplace pada aplikasi PLN Mobile.

"Hal ini menunjukkan keseriusan PLN dalam memperhatikan prospek geliat UMK dalam mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan," ujar Dartomo.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024