Manado (ANTARA) - Sebagai perusahaan kredit digital terkemuka di Indonesia, Kredivo terus memperluas penetrasi di kota tier 2 dan 3, utamanya untuk membuka akses kredit bagi masyarakat yang selama ini memiliki keterbatasan mengakses layanan keuangan. 

Menjadi salah satu kota prioritas bagi Kredivo di wilayah Indonesia Timur sejak November 2020, pertumbuhan pengguna Kredivo di Manado meningkat hingga 9 kali lipat tahun ini serta menggandeng lebih dari 8 merchant lokal. 

Selain itu, ekonomi lokal di wilayah ini terus tumbuh secara progresif sejak 2016, dilihat dari pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara pada Q2 2023 sebesar 6,28 persen (yoy).

Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo mengatakan, pihaknya melihat Manado sebagai wilayah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi tinggi, terutama di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. 

"Sehingga kami percaya, hadirnya akses kredit digital yang optimal di wilayah ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah," katanya. 

Fokus kami di Manado adalah menggandeng sebanyak-banyaknya merchant lokal agar dapat turut memberdayakan potensi lokal, sekaligus terus mempermudah konsumen dalam mengakses kredit dengan menyediakan metode pembayaran Paylater berbunga rendah yang sekarang ini semakin menjadi preferensi masyarakat dalam berbelanja.

Saat ini, beberapa merchant lokal ternama yang telah terintegrasi dengan Kredivo yaitu Suara Elektro, Kana Cell, MMB Group, Cindy Cell, Parafone, Dio Cell, Planet Gadget, Plaza Bangunan. 

Integrasi merchant-merchant lokal dengan Kredivo ini diharapkan mampu untuk turut mendorong frekuensi transaksi mereka sekaligus memperluas jangkauan pasar. 

Berdasarkan data internal Kredivo, transaksi offline di Manado meningkat hingga 42 persen tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 dengan produk kategori gadget & elektronik dan makanan. 

Selain itu, data Kredivo juga menunjukkan rata-rata jumlah pembelian (average order value) di merchant Kredivo naik lebih dari 2 kali lipat dan frekuensi transaksi pembelanjaan konsumennya naik hingga 3 kali lipat. 

Kedepannya, Kredivo menargetkan untuk terintegrasi dengan puluhan merchant lokal terfavorit di Manado, termasuk dari sektor UMKM.

Selain memberikan nilai tambah bagi merchant, Kredivo juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk bertransaksi secara fleksibel melalui cicilan hingga 12 bulan dengan bunga mulai 0 persen di ribuan merchant baik offline dan online dengan limit hingga 50 juta rupiah. 

Selain itu, melalui aplikasi Kredivo, pengguna dapat melakukan top up pulsa, paket data, PLN prabayar, serta membayar tagihan lainnya. Kredivo juga bekerja sama dengan PT FinAccel Digital Indonesia (Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang dikenal dengan nama platform "KrediFazz") untuk menyediakan produk pinjaman tunai tanpa agunan atau jaminan dengan bunga terjangkau.

Sebagai platform keuangan yang resmi berizin dan diawasi oleh OJK, Kredivo juga berkomitmen untuk terus menerapkan responsible lending, yaitu dengan menawarkan bunga yang rasional dan terjangkau, selektif dalam menyalurkan kredit kepada pengguna yang dibuktikan dengan tingkat gagal bayar yang rendah, serta memberikan limit kredit secara proporsional sesuai dengan tenor dan kemampuan membayar konsumen. 

Selain itu, Kredivo juga aktif melakukan kegiatan edukasi agar semakin bijak dalam menggunakan Paylater. Tahun 2021 silam kami telah menyambangi Manado melalui gerakan Generasi Djempolan untuk mengajak generasi muda di Manado agar melek keuangan dan bijak dalam menggunakan layanan keuangan digital,” tutup Indina.

Kredivo telah menyediakan promo untuk pengguna di Manado yang berlaku di seluruh merchant lokal yang sudah bekerja sama dengan Kredivo hingga 31 Desember 2023. Pengguna Kredivo berkesempatan mendapatkan diskon 5 persen hingga 500 ribu dan bebas 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan. 

Selain itu, Kredivo juga menghadirkan Kredivo Gadget Fair, program belanja gadget di seluruh merchant lokal yang berpartisipasi di beberapa kota di Indonesia, termasuk Manado, pada periode 1 Oktober - 30 November 2023. Pengguna yang berbelanja gadget pada periode tersebut berkesempatan memenangkan hadiah iPhone 15 dan banyak hadiah menarik lainnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024