Manado (ANTARA) - Memperingati HUT Ke-78 TNI tahun 2023,  Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII/Manado dan Lanud Sam Ratulangi Manado berkolaborasi memeriahkan acara menyambut HUT TNI ini dengan mengadakan berbagai acara diantaranya bazar murah dan bakti kesehatan (Baktikes).


Kegiatan  yang mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” dilaksanakan  terpusat di Makodam XIII/Merdeka, Manado, Minggu, dibuka secara resmi, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko.

Selain itu  juga dilaksanakan Olahraga bersama yang terpusat di Pangkalan Udara AL Manado yang masih merupakan rangkaian HUT TNI tahun ini. 

Pangdam secara resmi membuka bazar murah ditandai dengan pengguntingan pita diiringi dengan bunyi sirene. 

Bazar murah rencananya akan berlangsung selama empat hari dimulai dari hari Minggu–Rabu, tanggal 24-27 September 2023, sedangkan untuk Baktikes dimulai pada Minggu, 24 September 2023.

Pangdam Mayjen TNI Legowo menyampaikan bahwa bazar murah yang diadakan saat ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat Manado khususnya yang berada di sekitar Kodam  untuk mendapatkan bahan pokok yang harganya relatif murah dibandingkan harga  yang ada di luar.

Bazar Murah ini sengaja ditujukan untuk masyarakat, karena TNI menyadari lahir dari rakyat dan berjuang untuk rakyat sehingga inilah salah satu wujud implementasi nyata upaya yg dilakukan.

Demikian juga pada kegiatan Baktikes dimana di dalamnya dilaksanakan kegiatan donor darah,  pengobatan massal, operasi katarak, sunatan massal dan pemberian paket nutrisi tambahan untuk anak stunting yang dilaksanakan secara serentak mulai dari Mabes TNI sampai dengan Tingkat Korem diseluruh Indonesia.

 Baktikes yang diadakan TNI di Sulut berpusat di Aula Grhadika Jaya Sakti dan RS TNI Wolter Mongisidi Teling. 

Sedangkan di Wilayah Sulawesi Tengah  dan Gorontalo juga digelar secara serentak.

Upacara puncak HUT Ke-78 TNI sendiri secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2023.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024