Manado (ANTARA) -  Sebanyak 2.582 peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti lomba "Water Sport Competition Kasal Cup", di Kota Manado, Sulawesi Utara, 22-23  September 2023.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Privinsi Sulut dan rangkaian HUT TNI AL, serta  menyongsong HUT TNI 5 Oktober 2023,” kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, di Manado, Jumat

 Kegiatan ini juga merupakan apresiasi dan rasa terima kasih TNI AL kepada masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) atas kerja sama selama ini.

Wakasal mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan, negara maritim, dengan memiliki laut yang luas.

Dimana pulau-pulau disatukan oleh laut dari Sabang sampai Merauke, pulau- pulau kecil dan besar menjadi satu.

 Tentunya membangkitkan semangat bahari semangat maritim adalah tugas pokok kita bersama.

“Kegiatan ini  dalam rangka mengampanyekan bersama betapa pentingnya  lautan dan betapa potensialnya lautan yang harus kita pertahankan, yang harus kita kelola,” katanya.

Pembukaan lomba Water Sport  Competition Kasal Cup, dilaksanakan di  kawasan Pohon Kasih pantai Teluk Manado, dilakukan secara bersama-sama oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui penekanan tombol sirene.

Lomba Water Sport  Competition Kasal Cup mempertandingkan lima cabang olahraga antara lain lomba perahu layar tradisional, mancing mania, fin swimming,  rubber boat race.

Serta tiga kegiatan dilaksanakan di darat yakni navy fun run, E-Sport, serta fun cooking. 

Hadir pada saat itu Asisten Potensi Maritim Kasal Mayjen TNI Marinir Markos, Panglima Armada II Laksamana  Muda TNI Yayan Sofyan, Koordinator Staf Ahli Kasal Laksamana Muda TNI Budi Setiawan serta Forkopimda Sulut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024