Manado,  (AntaraSulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menetapkan tanggal 29 Januari sebagai hari peringatan anti demam berdarah.

"Kami menetapkan tanggal 29 sebagai hari anti demam berdarah, untuk mengingatkan pemerintah maupun seluruh warga Manado untuk mewaspadai ancaman penyakit tersebut," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Jumat.

Vicky mengatakan, karena baru ditetapkan sebagai hari anti penyakit demam berdarah dengue pada tahun ini, maka 2015 menjadi waktu pemerintah melakukan penanggulangan wabah penyakit tersebut.

"Kami bersama dengan semua pemangku kepentingan melakukan upaya penanggulangan maksimal, mulai dari pengasapan hingga tiga M dan sosialisasi gaya hidup bersih sehat di lembaga pendidikan," katanya.

Menurut Vicky dengan menetapkan tanggal 29 Januari sebagai hari peringatan anti penyakit demam berdarah dengue, maka ke depan bukan hanya melakukan upaya penanggulangan saja, tetapi lebih ke pencegahan atau preventif.

Vicky mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Manado, penyakit DBD di Manado memiliki siklus lima tahunan dimana pada saat itu, akan menyerang warga lebih dari biasanya.

"Pada siklus lima tahunan tersebut, penyakit akan mewabah lebih dari biasanya, sehingga memerlukan penanganan secara ekstra dan itu yang sedang kami lakukan sekarang," katanya.

Dengan adanya penetapan tanggal 29 Januari sebagai hari anti penyakit DBD, maka Manado setiap memasuki Januari atau musim hujan, pemerintah bersama masyarakat mulai melakukan langkah preventif untuk mencegah penyakit tersebut.

"Pemerintah akan berusaha melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan DBD lalu, seperti sosialisasi dan menambah alat pengasapan yang masih kurang dan disimpan di kecamatan nanti jika dibutuhkan untuk melakukan pengasapan baru dilakukan di kawasan yang butuh yakni jika ditemukan adanya kasus dengan cakupan area 100 meter dari zona merah," katanya.

Pada Januari 2015, Manado diserang wabah DBD dengan jumlah kasus 79 penyakit dan tiga diantaranya meninggal dunia, saat menjalani perawatan di RSUD Kandou Manado. ***4***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 30-01-2015 10:33:29

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor :
Copyright © ANTARA 2024