Oleh: Fidel Malumbot

Ondong, 30/1 (AntaraSulut) Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mematangkan pergelaran adat Tulude yang rencananya akan digelar di Lapangan Akesimbeka Ulu Siau, Selasa (3/2) pekan depan. Serangkaian persiapan saat ini dilakukan panitia penyelenggara iven budaya tahunan di kabupaten kepulauan ini.

Sejak pekan lalu pun, atensi pihak Pemkab Sitaro difokuskan pada penataan lokasi, panggung pagelaran dan bangsal tamu serta pengunjung. Selain itu, panitia mulai mengagendakan serangkauan gladi tata acara dan pengisi acara.
 
Bupati Sitaro, Toni Supit SE MM mengatakan, penyelenggaraan pesta adat Tulude kali ini diharapkan semakin khidmat, meriah dan menarik minat masyarakat Sitaro . Lebih dari itu, dapat menarik minat turis domestik maupun mancanegara untuk datang menyaksikan langsung.

"Harus semakin baik dibanding pergelaran tahun sebelumnya, tidak cukup hanya dengan berfikir asal jadi dan terlaksana sebagai agenda tahunan. Pematangan kesiapan tentunya akan menentukan kualitas pergelaran budaya masyarakat Nusa Utara ini," tandas Supit sebagaimana dikutip Kabag Humas Pemkab Sitaro, Siska Kahiking.

Tulude merupakan pergelaran adat dan budaya masyarakat di gugusan kepulauan Nusa Utara, termasuk kabupaten kepulauan Sitaro yang dilaksanakan awal tahun, memiliki makna ungkapan syukur atas tahun baru sekaligus rangkaian doa permohonan kepada Sang Khalik bagi kehidupan mereka sepanjang tahun.

Karena itu, lanjut Kahiking, segenap masyarakat Sitaro diminta untuk ikut mengambil bagian dalam kegiatan ini, "Menggumulinya agar diberikan cuaca yang baik demi kelancaran kemeriahan dan suksesnya pesta adat ini. Tentunya kehadiran dan keikutsertaan segenap lapisan masyarakat Sitaro, terutama di pulau Siau dan sekitarnya," tandas Kahiking. 


Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024