Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan peluncuran aplikasi E-Fasmat serta meresmikan gedung pelayanan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor(BPKB) Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut, di Manado, Rabu.

"Memberikan apresiasi kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulut dan jajaran yang telah banyak memberikan kreasi dan inovasi, salah satunya dengan hadirnya aplikasi E-Fasmat ini,” kata Kapolda Budiyanto.

Kapolda berharap, satuan-satuan kerja lainnya di Polda Sulut dan jajaran juga bisa melakukan kreasi dan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Semua satuan kerja bisa berkreasi dan berinovasi dan aplikasi E-Fasmat ini sangat penting, apalagi di era teknologi informasi, banyak hal yang harus diubah. Dari yang selama ini pencatatan dilakukan secara manual melalui pembukuan, maka sekarang dilakukan secara digital, sehingga lebih efisien, dan yang paling penting adalah transparansi,” kata Kapolda.

Sementara renovasi ruang perkantoran, lanjut Kapolda, juga perlu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan, baik bagi personel terlebih bagi masyarakat.

“Dengan adanya renovasi dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, harapannya masyarakat semakin nyaman, dan personel semakin semangat dalam memberikan pelayanan terbaik,” kata Kapolda.

Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi mengatakan E-Fasmat merupakan aplikasi yang dapat membantu pengelolaan pencatatan stok material terintegrasi antar setiap wilayah dengan gudang Fasmat Ditlantas Polda Sulut.

“Aplikasi E-Fasmat memiliki beberapa keunggulan, antara lain transparansi ketersediaan stok material, dan mempermudah penyaluran material dengan mengacu pada data sisa stok secara real time. Kemudian, efektif dan efisien pencatatan tidak dibuat secara terpisah, dan aplikasi ini nantinya bisa dikembangkan untuk pencatatan material lain seperti alat transportasi maupun inventaris komando serta material pendukung lainnya," katanya.

Dia menambahkan renovasi gedung pelayanan BPKB bertujuan  memberikan pelayanan yang lebih nyaman kepada masyarakat.

Peluncuran dan peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sulut didampingi Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, Dirlantas Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi, Kepala Cabang Jasa Raharja Sulut Amaluddin Salam. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruang pelayanan BPKB.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024