Manado, 23/1 (AntaraSulut) - Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan, daerah tersebut mengekspor puluhan ton tepung kelapa ke Italia, pada pekan ketiga Januari 2015.

"Pada pekan ke tiga Januari 2015, telah diekspor tepung kelapa sebanyak 12,5 ton dengan sumbangan devisa bagi negara sebesar 28.125 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Hasudungan, di Manado, Jumat.

Hasudungan mengatakan, Italia memang merupakan tujuan ekspor tepung kelapa paling potensial, karena hampir setiap minggu terjadi pengiriman produk itu ke negara tersebut.

"Karena Italia telah menjadi tujuan rutin, maka diharapkan petani dan pengekspor Sulut dapat memanfaatkan lagi peluang ke negara tersebut," jelasnya.

Kualitas produk ekspor Sulut harus terus ditingkatkan lagi, sehingga makin banyak pasar luar negeri yang mencari produk turunan kelapa asal Sulut.

Proses produksi tepung kelapa di Sulut mengikuti standar internasional, karena itu permintaan dari negara lain terus meningkat," katanya.

Komoditas tepung kelapa merupakan salah satu produk turunan kelapa yang saat ini menjadi andalan Sulut untuk memperoleh devisa.

Tujuan sekpor tepung kelapa Sulut bukan hanya negara-negara di Eropa tapi juga di Asia, Amerika dan Afrika.

Pemerintah dalam hal ini Disperindag akan memberikan semua kemudahan bagi para pengekspor baik pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) atau surat-surat lainnya, untuk kelancaran kegiatan ekspor.***3***


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024