Manado (ANTARA) - Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2023 sebagai salah satu Kalender iven Pariwisata Gorontalo sukses terselenggara berkat listrik tanpa kedip dari PLN. 

Iven yang masuk dalam jajaran Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu menampilkan pameran kerajinan karawo, parade dan peragaan busana karawo, hingga lomba mewarnai dan menyulam motif karawo.

Karawo sendiri merupakan kain khas tradisional Provinsi Gorontalo yang sudah sejak lama menjadi primadona handycraft yang terkenal hingga ke mancanegara.

Iven ini pun tak ayal menjadi kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) kerajinan Karawo untuk dapat mempromosikan produknya.

Sebanyak 350 pelaku ekonomi kreatif dan UMKM berpartisipasi pada iven ini, serta kurang lebih 5000 pengunjung ikut meramaikan GKK 2023.

GKK 2023 pun makin meriah karena diselenggarakan bertepatan dengan bulan peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Berbagai nuansa merah putih menghiasi dekorasi booth peserta GKK 2023. Animo pengunjung pun begitu luar biasa untuk melihat berbagai produk yang dipamerkan oleh masing-masing UMKM Karawo yang ada.

PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo mengambil bagian di tengah luar biasanya animo masyarakat lokal dan juga wisatawan mancanegara pada iven ini.

PLN dengan milenialnya mengkampanyekan kembali program electrifying lifestyle sebagai sebuah gaya hidup modern dan efisien dengan memanfatkan listrik pada setiap kebutuhan masyarakat.

Manajer PLN UP3 Gorontalo, Ridjal Abdul Rasyid yang turut hadir pada iven tersebut mengungkapkan bahwa ini menjadi kesempatan bagi PLN pula untuk dapat semakin dekat dengan masyarakat yang merupakan adalah pelanggan setia PLN.

 "Kami ingin semakin dekat dengan pelanggan kami sekaligus juga makin memperkenalkan apa sebenarnya electrifying lifestyle itu," tutur Rasyid.

Menurutnya electrifying lifestyle adalah sebuah gaya hidup di mana setiap kebutuhan masyarakat sehari-hari yang tadinya menggunakan energi konvensional seperti bahan bakar minyak (BBM) baik itu minyak goreng, bensin, dapat digantikan dengan listrik sebagai energi bersih masa depan.

Tidak sampai di situ, semua aktifitas di dalam rumah pelanggan pun mulai dari memasak, membersihkan rumah, hingga bisnis rumahan dapat memanfaatkan berbagai alat modern yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

"Semua gaya hidup dan aktifitas ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya dan tentunya anti kotor, aman, serta efisien dari segi biayanya. Jadi listrik memang sudah paten menjadi energi zaman now," imbuhnya menambahkan.

Selain memperkenalkan gaya hidup electrifying lifestyle, PLN pun memastikan pasokan listrik di lokasi acara dapat terjaga dengan baik demi jalannya setiap rangkaian acara pada GKK 2023. Untuk memastikan hal tersebut PLN menyediakan sistem tanpa kedip dengan dua lapis back up keandalan, antara lain genset berkapastitas 250 kVA dan Uninterrutible Power Supply (UPS) berkapasitas 200 kVA.

"Layanan listrik tanpa kedip kami hadirkan di sana demi terlaksananya GKK 2023 dengan baik. Kami sadar bahwa ini bukan iven biasa dan masuk dalam KEN 2023 yang tentu saja menjadi wajah Indonesia di kancah dunia. Dan PLN sudah sangat terlatih dalam menjaga keandalan listrik di setiap iven besar berskala nasional bahkan internasional," ungkap General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo saat diminta keterangannya di tempat terpisah.

PLN pun tidak lupa kembali mempromosikan aplikasi PLN Mobile sebagai bagian dari gaya hidup electrifying lifestyle yang mempermudah pelanggan dalam mendapatkan akses pada setiap produk layanan PLN. Aplikasi PLN Mobile merupakan layanan one stop service PLN untuk berbagai solusi kelistrikan masyarakat. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024