Manado (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu melakukan bersih-bersih sampah plastik di pantai Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"PLN bersinergi dengan TNI Angkatan Laut yang ada di pos Angkatan Laut Labuan Uki dan komunitas lingkungan BMR Forum Hijau serta Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menggagas kegiatan bersih pantai dengan tema “Laut Merdeka Sampah Plastik” yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai," kata Manajer PLN UP3 Kotamobagu Anjar Widyatama, di Kotamobagu, Jumat.

Dia mengatakan kegiatan ini berlokasi di Pantai Pasir Putih, Labuan Uki itu melibatkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang secara sukarela berkumpul untuk memberikan kontribusi mereka dalam menjaga keindahan alam dan mengurangi dampak sampah plastik terhadap ekosistem laut.

Pantai Pasir Putih dan Labuan Uki adalah destinasi wisata alam yang populer di wilayah Bolaang Mongondow, tetapi sayangnya, akhir-akhir ini pantai ini juga mengalami peningkatan masalah sampah plastik, yang disebabkan oleh kurangnya kepedulian warga dalam menjaga kebersihan pantai. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam memerangi masalah ini.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo mengatakan PLN melalui berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bahkan bersinergi dengan banyak pihak berkomitmen untuk dapat memberi dampak pada pelestarian ekosistem pesisir dan laut.

PLN memandang bagaimana lingkungan yang ideal, dimana sektor pariwisata dapat berkembang secara potensial, masyarakat dapat hidup dengan nyaman, dan ekosistemnya tetap terjaga.

"Untuk itu kami berupaya berkontribusi lebih pada berbagai upaya ini," kata Dartomo.

Kegiatan bersih pantai ini bukan hanya tentang membersihkan sampah fisik, tetapi juga tentang meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam.

Berbagai kampanye dan upaya PLN dalam menjaga kelestarian lingkungan dapat diakses langsung pada menu PLN Magazine pada aplikasi PLN Mobile.

Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024