Manado (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT. Daya Adicipta Wisesa menantang pelajar setingkat SMA/ SMK/ MA berlomba memaparkan gagasan dan karyanya dalam membangun negeri melalui seleksi Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2023 yang bertajuk “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat” dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.

Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023 menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. 

Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype. 

Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyarakat berupa produk atau jasa.

Setelah melalui tahap seleksi AHM Best Student tingkat Regional DAW mengumumkan 2 pemenang yaitu Fajar Muslim Mohamad dan Salwa Nabila Putri Daliilah, keduanya berasal dari MAN 1 Kabupaten Gorontalo.

Para pemenang tingkat Regional ini akan maju ketahap seleksi Nasional yang akan diikuti oleh para pemenang dari Provinsi lain di seluruh Indonesia.

Marketing Division Head PT. DAW, Jemmy Febrianto mengatakan para siswa dalam karyanya mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

"Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin dapat hadir bersama masyarakat dalam membangun negeri, terutama generasi muda. Kami sangat mengapresiasi semua karya tulis yang dikirimkan kepada kami karena semuanya memiliki ciri khas dan penelitian yang baik,” ujar Jemmy.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024