Manado (ANTARA) - Atlet Triathlon putra Sulawesi utara (Sulut), Kimi Kaunang yang turun di nomor Triathlon Standard Distance Male, berhasil memastikan satu tiket menuju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumut 2024, usai mengukir waktu 2 jam 23 menit 34 detik.

Hasil ini, diperoleh putra dari pelatih nasional Jefri Sonny Kaunang  di ajang Pra Kualifkasi PON yang digelar di Pantai Indah Kapuk (PIK), Banten, Rabu.

Dalam nomor ini, Kimi mencatatkan waktu terbaik untuk renang 1.500 meter dengan 25 menit 48 detik, kemudian di sepeda 20 Km anak kuliahan ini mencatatkan waktu 1 jam 11 menit 4 detik, serta di lari 10 Km Tole Kinilow ini berhasil menorehkan waktu 45 menit 3 detik.

"Ini hasil terbaik saya selama ini. Syukur pada Tuhan dan pada kedua orang tua saya terutama Papa Coach saya," kata Kimi.

Aksi Kimi sendiri mendapat perhatian, karena dirinya belum lama masuk di kancah cabang olahraga yang diperuntukan bagi para atlet kuat dan brilian.

Dalam ajang Pra PON ini, yang menjadi juara adalah atlet nasional asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 23 detik, disusul atlet Aloysius dengan catatan waktu 2 jam 12 menit 21 detik dan posisi ketiga diraih oleh atlet Jabar, Aryandra Fauzi dengan catatan waktu 2 jam 12 menit 21 detik.

Sulut dalam ajang ini menyiapkan tiga atlet lain selain Kimi, yaitu Maldi yang akan turun di nomor Duathlon putra, Sergio Parengkuan di nomor Aquathlon putra dan Fauzia Karina yang akan turun di nomor Aquathlon putri.

Kepala Rombongan tim Triathlon Sulut Grace Wakari mengatakan ini hasil yang baik bagi tim Triathlon Sulut, Kimi sangat luar biasa, dia mampu tampil baik diantara para jawara di cabang Olahraga ini.

Serta, katanya, ia mampu konstan di cuaca panas 35 derajat. Semoga hasil ini membawa hal baik, karena masih ada 3 atlet yang akan turun juga.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024