Manado (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sangihe, Sulawesi Utara, melaksanakan empat program strategis dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di daerah kepulauan itu.

Kepala BNNK Sangihe Melky Tuankota, di Manado Rabu, mengatakan, program pertama yaitu "soft power approach" yakni melakukan kegiatan pencegahan, pemberdayaan masyarakat serta rehabilitasi.

"Kemudian program 'hard power approach' yakni melakukan penindakan, pemberantasan terhadap penyalahgunaan maupun bandar dan pengedar narkoba," katanya.

Dia menambahkan selanjutnya "smart power approach" yaitu menggunakan, memanfaatkan informasi teknologi dalam rangka mengkampanyekan P4GN kepada masyarakat.

"Ini dimaksudkan agar masyarakat bisa memahami, bisa mengetahui sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan baik secara pribadi maupun secara bersama-sama," katanya .

Serta keempat melalui kerja sama yakni dengan membangun kerja sama semua pemangku kepentingan yang ada TNI Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lembaga pendidikan dalam mendukung P4GN.

"Degan demikian kita bisa melakukan pencegahan sekaligus penindakan dalam rangka menuju Indonesia Bersinar (bersih Narkoba)," katanya.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024