Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), meningkatkan kualitas pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah itu.  

"Pemerintah memberikan pelatihan kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Kampung Batuputih," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Senin.

Dia mengatakan pelatihan ini merupakan wujud dukungan Pemerintah Kota Bitung terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di kota ini.

Dengan semakin banyaknya digital nomad yang berdatangan ke sini, maka memiliki peluang untuk mendorong pertumbuhan sektor-sektor terkait, seperti teknologi informasi, jasa kreatif, pelaku usaha pariwisata dan lainnya.

Oleh karena itu, katanya, pelatihan ini akan membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Kota Bitung.

Saat ini Pemerintah Kota Bitung tengah mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan untuk Digital Nomad hadir di Kota Bitung.

Wali Kota menceritakan beberapa hari lalu, Pemkot Bitung menyelenggarakan Road to FPSL di Kota Manado dan mendapatkan Apresiasi serius dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Karena konsep acara yang luar biasa dan digagas keseluruhan anak muda kreatif Kota Bitung.

Hal ini menunjukkan bahwa peran serta anak muda dalam membangun pariwisata daerah sangat diperlukan.

Wali Kota juga menyampaikan pariwisata bukanlah hal asing bagi kota Bitung, dan melalui pelatihan ini, pihaknya berkomitmen untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada para pelaku pariwisata agar dapat beradaptasi dengan tren masa kini.

Kemampuan berbahasa, penguasaan teknologi informasi, dan kreativitas dalam memanfaatkan media sosial menjadi hal penting dalam menarik perhatian digital nomad untuk datang dan berkontribusi dalam perkembangan pariwisata kota Bitung.

"Berhentilah berteori tentang pariwisata, tapi mulai hari ini dengan Eksekusi. Mari bekerja secara serius dan jangan menganggap pekerjaan ini adalah biasa-biasa saja demi Kemajuan Perekonomian Rakyat Kota Bitung ke depan," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024