Sitaro (ANTARA) - Warga masyarakat di wilayah Pulau Siau terlihat antusias untuk mendapat layanan kesehatan gratis dalam karya bakti sosial dan kesehatan yang diselenggarakan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Dalam mendukung akses kesehatan masyarakat, tim medis terlatih dari TNI AL bekerjasama dengan tenaga medis lokal menyediakan layanan kesehatan gratis kepada warga.

Pemeriksaan kesehatan umum diantaranya mata, gigi, konsultasi dokter, dan pembagian kacamata dan obat-obatan menjadi bagian dari upaya tersebut.

"Kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kesehatan masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat," ungkap salah satu tim medis yang sedang melayani pasien di Puskesmas Ulu Siau.

Sementara itu, sejumlah warga yang turut serta menjadi pasien layanan kesehatan gratis nampak antusias dengan mengikuti antrian di depan Puksesmas Ulu sejak pukul 08.00 WITA.

"Iya saya sudah sejak jam 08.00.WITA   menanti, karena memang jadwal mulai jam 09.00..WITA. Tidak mengapa menunggu, karena ini sangat membantu kami masyarakat," ungkap beberapa warga.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengatakan, bakti kesehatan yang diselenggarakan juga memegang peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan masyarakat. "Kesehatan adalah aset berharga yang harus kita jaga bersama," kata bupati.

Dalam konteks ini, bupati memastikan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat, terutama kepada mereka yang mungkin belum terjangkau oleh fasilitas kesehatan
yang memadai.

"Tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, termasuk TNI – AL, tim medis, sukarelawan, dan semua masyarakat. Kepada para prajurit
TNI -AL, disampaikan terima kasih atas dedikasi dan semangat juang yang anda bawa," katanya.

Dia menambahkan kerjasama ini tidak hanya memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan aparat pertahanan, tetapi juga mempererat ikatan kebersamaan kita sebagai warga negara Indonesia.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024