Manado (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) melakukan pembukaan rekening kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), guna meningkatkan inklusi keuangan di daerah tersebut.

"Untuk meningkatkan inklusi keuangan, OJK bersama BSG melakukan pembukaan rekening baru kepada 250 UMKM," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara (Sulutgomalut) Winter Marbun, di Manado, Rabu.

Winter mengatakan UMKM yang mendapatkan pembukaan rekening BSG ini, diharapkan akan mampu meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Sulut.

"Kami tidak putus-putusnya melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha akan pentingnya memahami betul jasa keuangan sebelum menggunakannya," kata Winter.

OJK berkomitmen untuk memberikan edukasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga seiring dengan kemajuan teknologi dan ekonomi, UMKM memiliki pemahaman yang kuat mengenai produk dan layanan keuangan yang ada.

Literasi keuangan dapat membantu masyarakat mengambil keputusan yang cerdas dalam perencanaan keuangan pribadi, investasi, dan melindungi diri dari risiko finansial yang mungkin terjadi.

Hal ini diharapkan dapat mengembangkan ekonomi lokal dengan meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemberdayaan UMKM.

Dirut BSG Revino Pepah mengatakan pihaknya akan mendukung upaya OJK untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan di Sulut.

BSG, katanya, akan menjemput bola agar masyarakat memanfaatkan jasa keuangan Bank Pembangunan Daerah.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024