Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), guna meningkatkan kualitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami berharap agar bangunan PLUT yang merupakan hasil bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM ini dapat mengembangkan potensi Koperasi dan UMKM di Kota Bitung," kata Maurits, di Bitung, Sabtu.

Wali Kota Bitung juga menyampaikan bagaimana beberapa UMKM di Bitung yang mampu mengembangkan usaha untuk ekspor dengan memanfaatkan website dan jejaring sosial.

Gedung PLUT yang terdiri dari dua lantai tersebut memiliki fasilitas untuk pelatihan, produksi, ruang rapat, perpustakaan, inkubator kuliner dan kriya, ruang agribisnis, pelatihan foto dan video, ruang digital yang telah dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan.

PLUT berlokasi di kompleks Pasar Pinasungkulan Sagerat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ronald Sorongan
mengatakan gedung ini akan menjadi ajang transaksi para pelaku UMKM dengan konsumen.

Ronald mengatakan kemudian diserahkan penghargaan untuk UMKM terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Utara yakni pertama Tomohon (The Most Sustainable Masarang Organic), kedua Minahasa (ELGANTZ88) dan ketiga Bitung (Lamadang) dan seluruh UMKM perwakilan Kabupaten Kota.

Dilanjutkan penyerahan Nomor Induk Berusaha untuk dua pelaku usaha.

Pelaku UMKM di Bitung juga diberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat, Buku Tabungan, dan Qris oleh BRI.

Serta penyerahan produk UMKM untuk perwakilan tokoh agama.

Di lokasi juga diadakan Bazaar produk UMKM perwakilan dari 15 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024