Manado (ANTARA) - Gerakan nasional bangga buatan Indonesia tak hanya sekedar lip service bagi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

 Politisi Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) itu menunjukkan kebanggaan dan kecintaannya dengan menggunakan produk usaha kecil dan menengah (UMKM) di setiap aktivitasnya.

Keseharian Jerry dengan tampilan produk dalam negeri tersebut diapresiasi berbagai kalangan.

“Pak Jerry Sambuaga luar biasa dalam komitmennya mencintai dan membanggakan produk dalam negeri. Saya kenal berbagai kerajinan batik dalam negeri karena Pak Jerry,” kata Abraham Sridajaja, seorang pengusaha Ibukota Jakarta.

Kecintaan pendiri The Zoom Strategist terhadap produk dalam negeri dianggap positif dalam upaya menggairahkan semangat pelaku UMKM untuk memasarkan garapan mereka.

“Dengan menggunakan produk dalam negeri, Wamendag Jerry Sambuaga secara tidak langsung mempromosikan garapan UMKM kita. Ini positif dan sangat baik,” kata Christian ‘Eto’ Pua, mantan Ketua Kadin Sulut yang kini lebih banyak beraktivitas di Jakarta saat dihubungi Rabu (16/8/2023).

Secara khusus ia menyampaikan terima kasihnya karena Jerry kerap memperkenalkan kain bentenan dan produk asal Sulut lainnya.

“Dalam berbagai kesempatan, saya lihat Pak Wamen pakai kain batik Bentenan juga. Saya asal Sulut berterima kasih karena Pak Wamen ikut mempopulerkan garapan UMKM dari daerah Nyiur Melambai,” ujar Eto.

Apresiasi atas kebiasaan Jerry menggunakan produk dalam negeri  sebelunya datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, Jerry total membuktikan kecintaan pada produk dalam negeri dengan langsung menggunakan produk-produk Indonesia, khususnya UMKM.

Yang lebih membahagiakan Sandiaga, sebagian dari produk-produk tersebut adalah hasil dari ekonomi kreatif yang tengah menggeliat di Tanah Air.

Sandiaga yang juga seorang pengusaha sukses bertutur beberapa kali bersua dengan Jerry. Dari pertemuan itu, ia selalu melihat keceriaan Jerry dengan stelan batik.
“Batik yang dipakai Pak Wamen itu beragam, dari berbagai daerah di Indonesia. Sepatu dan jam tangan beliau juga merupakan hasil garapan UMKM. Jadi hampir semuanya merupakan hasil ekonomi kreatif. Saya salut,” kata Sandiaga belum lama ini di Jakarta.

Jerry memang selalu ceria dengan produk dalam negeri. Walau beberapa tahun mengeyam pendidikan di luar negeri, bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil Sulut ini hampir tak pernah tampil dengan aksesoris luar negeri.

Ia pun tak jemu mengajak berbagai kalangan untuk menggunakan produk lokal. “Banyak produk yang bagus dan nyaman digunakan,” ujar Ketua Umum DPP AMPI ini.**

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024