Manado, 30/12 (AntaraSulut) - Pelaku industri kuliner di Kota Manado, Sulawesi Utara mengaku terpukul dengan masih mahalnya harga cabai di pasaran hingga akhir tahun ini.



         "Harga cabai rawit yang masih berada di atas  Rp100.000 per kilogram sangat memberatkan usaha kuliner," kata Pemilik Rumah Makan Ocean 27 Manado, Ivanry Matu, di Manado, Selasa.



         Ivanry mengatakan, kebiasaan warga Manado yang doyan makan makanan berselera pedas, memaksa pelaku kuliner tetap menggunakan komoditas kategori bumbu tersebut dalam jumlah banyak.



          "Rasa dan ciri khas masakan Ocean 27 tidak diubah meskipun harga cabai sangat mahal saat ini, sementara harga jual makanan konsumen tidak mungkin dinaikkan mengingat persaingan usaha ini yang cukup ketat," kata Ivanry.



         Ini sudah menjadi resiko dalam berbisnis, katanya, dan tidak mungkin langsung menaikkan harga paket makanan. Jika masih dalam kondisi yang wajar secara hitung-hitungan, tetap dipertahankan dan tidak akan menaikkan harga.



         "Yang penting jangan rugi, namun untungnya berkurang," katanya sembari berharap harga cabai kembali normal.



         Hal senada juga dikatakan Pemilik RM Ba'Sombar Steven Tetengean bahwa peningkatan harga cabai rawit di Sulawesi Utara sangat terasa dengan naiknya biaya belanja.



         "Namun, meskipun mengalami kenaikan, tidak menggantikan cita rasa pedas yang ada di RM Ba'Sombar yang berlokasi di Kecamatan Kakas Barat Minahasa," katanya.



         Pihaknya, terus melakukan inovasi-inovasi agar pelanggan tetap setia dengan wisata kuliner Manado yang murah dan sehat.



         Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong mengatakan harga cabai rawit di Manado dan sekitarnya saat ini berada dikisaran Rp100.000-120.000 per kg.



         "Harga ini memang cukup mahal, namun pemerintah tetap menjamin stok aman untuk memenuhi permintaan masyarakat," kata Hanny.



         Pemerintah, katanya, akan terus melakukan pemantauan agar stok cabai tetap ada, dan tidak terjadi kelangkaan, meskipun harga cukup mahal.



         "Sebenarnya pasokan cabai di Manado cukup lancar, namun permintaan konsumen di akhir tahun 2014 yang cukup tinggi," jelasnya.



         Harga cabai rawit normal di sentra perdagangan Kota Manado sekitar Rp25.000-30.000 per kg.

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024