Manado (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Jasa Utama kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, sebut Kepala Bidang Kominfo Christian Iroth, Senin.

Olly Dondokambey menjadi satu-satunya kepala daerah yang dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama di tahun 2023.

"Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Sulut," ujar Christian di Manado.

Bintang Jasa Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk menghormati seseorang atas jasa dan perjuangannya.

Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap negara dan bangsa dalam suatu bidang, peristiwa, atau hal tertentu.

Acara penganugerahan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Gubernur Sulut menerima Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi tidak instan tapi melalui penilaian dan pertimbangan matang sebelum memutuskan Olly Dondokambey layak menerima penghargaan tersebut.

"Selama tahun 2022 hingga 2023, Olly telah menerima puluhan penghargaan tingkat nasional dari berbagai instansi baik Kementerian, lembaga pers, hingga swasta," katanya.

Penghargaan-penghargaan tersebut di antaranya, 'Pelopor Toleransi dan Kerukunan melalui penghargaan TvOne Inovasi Membangun Negeri pada Februari 2023', Universal Health Coverage (UHC) Award pada Maret 2023, Harmony Award kategori tokoh pluralis dan moderasi beragama dari Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia pada Mei 2023.

Penghargaan Menteri Pertanian pada Mei 2023 karena telah memberikan kinerja dan prestasi yang baik dalam mendukung dan memajukan sektor pertanian, Provinsi Layak Anak (Provila) pada Juli 2023 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada 2023 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Penghargaan CI-EL Medal dari Markplus Inc pada Februari 2022, pelayanan publik terbaik dengan nilai A dari Kementerian PAN RB pada Maret 2022, Mitra Pers dari PWI pada Maret 2022, SAKIP & RB Award Dari Kementerian PANRB pada April 2022.

Presiden RI juga memberikan penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana kepada Ibu Negara Iriana Jokowi serta para tokoh lainnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024