Sitaro (ANTARA) - Di tengah semaraknya program keberlanjutan lingkungan dan Giat Menanam, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen memberikan contoh kepada jajarannya dalam komitmen untuk menggiatkan budaya menanam.

Bupati turut serta bersama dengan sejumlah jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), Jumat (11/08) melaksanakan aksi menanam pohon dan bersih-bersih di Taman Tugu Pala, yang terletak di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya terutama komitmen Bupati Sasingen untuk mendorong budaya menanam pohon dan merawat lingkungan, serta mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam. Selain sebagai bentuk aksi nyata dalam menjaga lingkungan, penanaman pohon buah juga memiliki manfaat penting bagi ketersediaan pangan lokal dan lingkungan yang sehat.

"Kegiatan menanam pohon buah di kompleks kantor bupati ini memiliki makna yang mendalam. Selain memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem, pohon-pohon ini juga akan menjadi simbol kepedulian kita terhadap masa depan generasi berikutnya. Kita ingin menciptakan kawasan yang hijau, sehat, dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kita," kata bupati.

Tidak hanya menanam, menurut bupati kegiatan ini juga bersamaan dengan kegiatan bersih-bersih dalam rangka persiapan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, sebagai bagian pentingnya menjaga kelestarian alam, membuang sampah pada tempatnya, serta merawat lingkungan sekitar.

"Ini juga akan membangun kesadaran bersama untuk menjaga alam, yang pada akhirnya akan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk semua. Saya mengajak semua pihak, termasuk masyarakat, untuk turut serta dalam upaya menjaga alam sekitar demi masa depan yang lebih baik," harapnya.

Dari pantauan awak media, bupati turun langsung menanam pohon pisang dan juga telah ditanami beberapa pohon Pala di Taman Tugu Pala Kompleks Perkantoran Bupati.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024