Manado (ANTARA) - Kementerian Agama meningkatkan mutu para santri di Sulawesi Utara dengan ikut dalam Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional.

"Ada 11 siswa madrasah yang telah melakukan seleksi KSM tingkat kabupaten/kota kemudian provinsi dan mereka akan masuk tingkat nasional," kata Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, para siswa madrasah dengan konsentrasi mata pelajaran yang diuji serta dari berbagai tingkatan mulai dari madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah telah mempersiapkan diri dan membuktikan kemampuan mereka dalam ajang tahunan ini.

Bardasarkan computer based test (CBT) yang diikuti para siswa madrasah di tingkat provinsi juga telah selesai dan menyisahkan 11 siswa madrasah untuk melanjutkan persaingan menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

"Selamat kepada anak-anakku, kalian pantas mengikuti KSM tingkat nasional, selamat berjuang dan berikan yang terbaik dari kemampuan kalian demi kebanggaan madrasah asal kalian dan masyarakat Sulawesi Utara," ungkap Kakanwil.

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Maluku Utara ini juga meminta kepada para siswa madrasah yang lolos ke tingkat nasional untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa meraih sukses di tingkat nasional.

"Pesan saya, mohon anak-anakku persiapkan diri kalian dengan baik dan saya minta kepada para guru untuk memberikan pendampingan maksimal kepada para siswa termasuk mempersiapkan mental juara mereka agar bisa percaya diri, jujur dan sportif", tambah Kakanwil.

Kakanwil Sarbin Sehe mengingatkan bahwa KSM tingkat nasional menjadi salah satu momentum strategi untuk mengukur kemampuan siswa secara holistik menyangkut kemampuan intelektual, emosional dan spiritual.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024