Minahasa Utara, 23/12 (Antara Sulut) - Kepolisian Resort (Polres) Minahasa Utara upacara gelar pasukan operasi lilin 2014 dalam rangka menyambut natal 2014 dan tahun baru 2015, yang berlangsung di Mapolres setempat, Selasa.
     Bupati Minahasa Utara Sompie Singal didaulat sebagai inspektur upacara dalam gelar pasukan sekaligus membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Sutarman yang mana operasi lilin kali ini menitikberatkan pada ganguan Kamtibmas dan ketertiban berlalu lintas.
     "Ada beberapa hal yang menjadi fokus operasi lilin, selain ancaman terorisme masalah Miras adalah utama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perayaan Natal bagi umat Kristiani dan tahun baru," ujar Kapolri dalam sambutan yang dibawakan Bupati Sompie Singal.
     Dikatakannya, keterpaduan semua unsur dalam pelaksanaan keamanan faktor penunjang dalam mewujudkan daerah terbebas dari gangguan Kamtibmas.
     "Perayaan natal dan tahun baru sebagai momentum yang hadir setiap tahun, yang menitik beratkan pada dinamika situasi Kamtibmas. Sehingga perlu adanya perpaduan semua unsur dalam mewujudkan wilayah yang aman dan tentram," kata Bupati.
     Dalam sambutan itu kata Bupati, mobilitas dan intensitas masyarakat akan meningkat di tempat ibadah, jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan maupun lokasi objek wisata.
     "Intensitas itulah peluang terjadi gangguan Kamtibmas, kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas, sehingga memerlukan kesiap-siagaan para anggota maupun unsur lain dalam melaksanakan pengamanan," katanya.
     Selain itu kata Bupati dalam sambutan Kapolri, masyarakat mengantisipasi terhadap cuaca yang setiap saat selalu berganti.
     "Polri harus mampu melaksanakan managemen pengamanan secara sistematik dan terpadu yang melibatkan komponen masyarakat, dengan demikian akan tercipta suasana kondusif," katanya.
     Hadir dalam gelar pasukan, Kapolres Minahasa Utara AKBP Djoko Wienartono, Dandim 1309 Bitung, Sekda Minut dan jajaran Kepolisian serta unsur TNI dan Satpol PP, Dishub dan Basarnas serta para undangan.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024