Minahasa Utara, 21/12 (Antara Sulut) - Setelah menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) pada awal Desember 2014, Sandra Moniaga pimpin perdana Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup pemerintah setempat, yang berlangsung di gedung pertemuan Bapelitbang, Jumat.
     Rapat kerja tersebut membahas berbagai hal terkait eksistensi SKPD dalam menjalankan roda pemerintahan, diantaranya disiplin PNS, pengelolaan keuangan daerah, kebersihan maupun aturan pelaksanaan yang tertera dalam undang-undang.
     "Setiap melaksanakan kegiatan ada Standar Operasional Prosedur (SOP) serta waktu pekerjaan berdasarkan target yang ditetapkan," ujar Moniaga. 
     Yang utama kata Moniaga, setiap PNS harus komitmen disiplin, setiap pengelolaan keuangan diharapkan tertib administrasi serta bekerja sesuai aturan.
     "Harus diingat, apapun pekerjaannya jangan tabrak aturan," ujar Moniaga.
     Dia mengingatkan, semua beban pekerjaan tergantung komitmen pimpinan SKPD. Mau tidak mau semua pekerjaan harus dilaksanakan tepat waktu.
     Begitu juga kata Moniaga, semua pimpinan SKPD menerapkan disiplin dengan menghemat waktu dalam melaksanakan tugas. Pun demikian dikatakannya, setiap kegiatan harus ada prioritas meskipun dalam satu agenda memiliki peran dan fungsi sama.
     "Kalau ada pimpinan SKPD yang terlambat karena melaksanakan tugas di kantor harus dikoordinasikan. Jadi sampaikanlah melalui Humas atau tunjuk utusan, agar semua agenda dapat berjalan baik," ujar Moniaga.
     Dalam kesempatan itu, Moniaga menekankan kepada para camat maupun Lurah untuk proaktif dalam menangani permasalahan kebersihan lingkungan.
     "Pejabat jadi motivator bagi masyarakat sesuai dengan lokus masing-masing, sehingga sama-sama bekerja," kata dia.
     Dia berharap, apa yang telah diterapkan dapat menjadi bahan pertimbangan menuju pemerintahan dan Kabupaten Minahasa Utara lebih baik.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024