Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, menerima insentif fiskal sebesar Rp11,67 miliar sebagai daerah dengan kinerja pengendalian inflasi terbaik pada periode I tahun 2023.

"Upaya pengendalian inflasi di Kota Bitung yang dilakukan secara gotong royong selama ini mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat, melalui pemberian insentif fiskal pengendalian inflasi di daerah yang diberikan oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri," kata Sekretaris Daerah Kota Bitung Ignatius Rudy Theno, di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dengan kinerja pengendalian inflasi terbaik pada periode I tahun 2023 bulan Januari hingga Maret 2023.

Penghargaan ini, katanya, merupakan motivasi buat Pemerintah Kota Bitung agar bisa berkesinambungan dan menjadi pemicu bagi pemerintah daerah untuk bekerja lebih giat lagi, dengan semboyan Pemkot Bitung yaitu bekerja dengan cinta jauhi kebencian bisa mengakselerasi sehingga pemerintah bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat.

Pengendalian inflasi yang dikerjakan Pemkot Bitung yaitu pemberian bantuan masyarakat miskin, lansia, pelaku UMKM, nelayan, bantuan bibit tanaman dan ayam petelur, pasar murah yang diselenggarakan di delapan kecamatan di Kota Bitung.

Selain itu, katanya, yang menjadi satu unsur penilaian penting yaitu pelaporan yang disajikan ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan tepat waktu.

“Ini adalah ide dari Walikota Bitung Maurits Mantiri sehingga Pemkot Bitung menjadi terbaik,” katanya.

Pemerintah kota Bitung mendapatkan Rp11.677.460.000, insentif fiskal, dan untuk tingkat kota dari enam kota yang menerima, Kota Bitung tertinggi nilainya.

Sekda mengatakan tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan partisipasi pemerintah daerah dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah.

Juga, katanya, memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berkinerja baik dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah serta untuk memacu daerah lain agar semakin meningkatkan kinerja nya dalam rangka menekan inflasi di daerah.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024