Gorontalo (ANTARA) - Kepolisian Gorontalo di antaranya anggota Bhabinkamtibmas di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, gencar melakukan sosialisasi kepada warga tentang pencegahan aksi bunuh diri.

Anggota Bhabinkamtibmas Kepolisian Sektor (Polsek) Kabila Bone Bripka Luki Musa, di Gorontalo, Kamis (27/7) mengatakan sosialisasi dilakukan dengan cara menyambangi warga di wilayah binaannya, dan menyampaikan imbauan juga ajakan untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang banyak seperti bunuh diri.

"Kami anggota Bhabinkamtibmas sangat penting melakukan pendekatan dengan masyarakat, dan menyampaikan imbauan serta ajakan melakukan hal-hal positif," katanya.

Ia mengatakan hal itu dilakukan berdasarkan instruksi Kapolda Gorontalo, Kapolres Bone Bolango dan Kapolsek Kabila Bone untuk menyampaikan sosialisasi ke warga secara langsung karena beberapa bulan terakhir fenomena bunuh diri marak terjadi.

"Kami sebagai anggota Polri, patut melakukan pencegahan dini di masyarakat. Salah satunya gencar menyambangi mereka secara langsung," kata dia.

Menurutnya, pendekatan secara langsung seperti itu adalah langkah efektif untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di setiap warga di wilayah binaannya. Sehingga ketika ada hal-hal yang menimbulkan persoalan buruk pada warga, dengan cepat dapat dideteksi hingga membantu mencarikan solusi atau jalan keluar untuk menyelesaikannya.

"Semakin sering kita menyambangi dan dekat dengan warga, semakin luas proteksi yang kita bangun. Ketika mereka ada masalah, kita langsung bisa mengetahui dan membantu mencarikan solusi untuk menyelesaikannya," katanya.

Ia mengungkapkan selain fokus pada sosialisasi pencegahan aksi bunuh diri, sebagai anggota Bhabinkamtibmas ia juga menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), guna menjaga situasi di lingkungan masing-masing agar tetap aman dan kondusif.

"Intinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polri harus bisa berperan aktif dalam menjaga dan memelihara situasi kamtibmas di wilayah kami bertugas," katanya.***
 

Pewarta : Susanti Sako
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024